Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan..



Menyiapkan Data Dasar Komunikasi Dan Informasi, Personil Bidang Informatika Melakukan Identifikasi Lokasi Internet Di 249 Desa
Post :11/02/2020
...

Labuha (11/02/2020) Informatika, Dalam memenuhi kebutuhan penyediaan database khususnya urusan komunikasi dan informasi pada Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Halmahera Selatan, bidang informatika akan melakukan  identifikasi lokasi berupa survey lapangan yang rencananya akan dilaksanakan pada minggu ketiga bulan februari, dalam survey tersebut akan dilakukan pendataan terkait penyediaan infrastruktur teknologi informasi berupa internet yang telah tersedia dan belum tersedia di 249 desa semuanya akan dilakukan pendataan yang nantinya menjadi data dasar sebagai bahan dalam pengambilan kebijakan pada level pimpinan serta instansi terkait yang memeiliki kepentingan untuk database ini.

Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Ardiani Radjiloen, SH, M.Si menyampaikan instrument pengambilan data telah selesai dibuat dan siap untuk dibawa saat survey, pada instrument itu target yang akan dilakukan adalah kantor desa, puskesmas/pulindes/pustu dan sekolah semua jenjang pendidikan mulai dari SD hingga SMA/SMK. Pendataan ini mencakup fasilitas yang dimiliki serta pengambilan titik koordinat sebagai dasar dalam pengusulan ke pemerintah pusat melalui aplikasi PASTI BAKTI yang dimiliki oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi. Kami sudah berulang-ulang kali dimintai titik koordinat dari Kemenkominfo kata Iskar Ismail, S.Kom Kepala Bidang Informatika dan juga sebagai Koordinator tim survey.

Untuk tahap pertama dilakukan pada 8 kecamatan diantaranya Kecamatan Bacan Timur Tengah, Kecamatan  Bacan Timur Selatan, Kecamatan Gane Barat, Kecamatan Gane Barat Utara, Kecamatan Gane Timur, Kecamatan Gane Timur Tengah, Kecamatan Pulau Makian, dan Kecamatan Makian Barat. Delapan kecamatan ini telah dipastikan memiliki fasilitas listrik yang beroperasi selama 24 jam. Sedangkan 22 kecamatan lainnya akan dilanjutkan pada tahap berikutnya. Tindaklanjut dari survey ini akan dibuat database induk infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi kabupaten Halmahera selatan sehingga kedepan menjadi referensi atau bahan dalam penyusunan program/kegiatan khusunya implementasi eGovernment atau pemerintahan berbasis elektronik tutup Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian yang biasa disapa Ibu Ani. (a17)