Danlanud Leo Wattimena melakukan Kunjungan Kerja Ke Halsel


 

Labuha-Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Leo Wattimena Kolonel Pnb. Adi Setio Nugroho, SE melakukan kunjungan kerja ke Halmahera Selatan dengan didampingi oleh Kepala Dinas Personil (Kadispers) Letkol Adm Fahril Bahnan, Danskadron 27 Mayor Pnb Wiwit serta Kaintel Kapten Sus Stefanus. 

Kedatangan Danlanud Leo Wattimena dan rombongan menggunakan pesawat CN-235  dengan nomor ekor (tail number) Al-2318. Tepat pukul 08:00 Wit pesawat mendarat di landasan Bandara Oesman Sadik Labuha, setibanya rombongan langsung disambut hangat oleh Sekretaris Daerah Helmi Surya Botutihe didampingi Ketua DPRD Halsel Muchlis Djafar. Kunjungan kerja Danlanud Leo Wattimena ke Halsel ini dalam rangka menindaklanjuti rencana kerjasama bantuan akses transportasi udara untuk Halsel.

Usai penjemputan, Danlanud Leo Wattimena Kolonel Pnb. Adi Setio Nugroho serta rombongan bertolak ke Kantor Bupati Halsel untuk mengikuti Video Conference bersama Pemerintah Daerah Halsel yang diwakili oleh Sekda, Pemda Sula yang diwakili oleh Kadis Perhubungan Kab. Sula serta Pemda Halmahera Utara yang di ikuti langsung oleh Bupati Ir. Frans Manery. 

Dalam Vidcon tersebut membahas terkait urgensi penerbangan antar wilayah ditengah pademi Covid-19 serta percepatan pelayanan transportasi udara. Danlanud Leo Wattimena Kolonel Pnb. Adi Setio Nugroho menyampaikan bahwa sebagai TNI berkewajiban untuk hadir ditengah-tengah masyarakat selain daripada tugas Operasi Militer Perang.

"Kami juga akan turut membantu Pembangunan Daerah dan Pemerintah Pusat, melaksanakan upaya pemulihan ekonomi serta cepat tanggap dalam mengantisipasi masalah daerah lainnya seperti emergency baik bencana alam maupun non alam", ungkapnya.

Kolonel Pnb. Adi Setio Nugroho mengatakan bahwa Putera Daerah di Malut termasuk juga Halsel  agar dapat berperan aktif di TNI AU, melalui Babinsa TNI Angkatan Udara yang ditugaskan selain menjalankan tugas pokok dengan baik juga harus aktif dalam mensosialisasikan kegiatan TNI AU agar menarik minat putera daerah.

"Salah satu putera daerah Maluku Utara yakni Letkol Fahril, beliau dari Sanana Kepualuan Sula. Saya berharap akan lebih banyak lagi putera daerah yang menjadi kebanggan di TNI Angkatan Udara", ungkapnya.

Lanjutnya, terkait Babinsa TNI AU ini nantinya selain mengayomi masyarakat demi  terciptanya keamanan dan kenyamanan, juga merupakan orang pertama yang langsung turun ke tengah masyarakat dalam mengatasi permasalahan yang ada. 

Sekretaris Daerah Helmi Surya Botutihe dalam Vidcon tersebut mengungkapkan bahwa Pemda Halsel menyambut baik kedatangan Danlanud Leo Wattimena. Mudah-mudahan rencana baik ini dapat ditindaklanjuti bersama, melihat kondisi Halsel yang sering mengalami bencana.

"Seperti yang baru-baru terjadi bencana banjir dan longsor, sebelumnya juga terjadi bencana gempa bumi  dibagian selatan Halsel yakni Gane. Saat itu kami kesulitan untuk mengakses kedaerah tersebut, ada beberapa daerah yang hanya bisa diakses melalui udara dan laut", terang Sekda.

Lanjut Sekda, kami berharap dengan adanya Babinsa TNI AU nantinya, dapat membantu Pemda Halsel dalam berkomunikasi dengan TNI AU jika nantinya dihadapkan dalam keadaan emergency. 

"Kami menyambut baik keberadaan Babinsa Angkatan Udara yang nantinya akan memudahkan kami dalam berkomunikasi dengan pihak TNI AU", lanjutnya.

Terakhir, Sekda berharap agar kedepannya Halsel dapat membuka jalur penerbangan keberbagai daerah lainnya, karena untuk saat ini jalur penerbangan hanya untuk Ternate-Labuha. Hal ini selain untuk pemulihan serta peningkatan perekonomian  baik dibidang pariwisata maupun perikanan. 

"Halsel dikenal dengan kekayaan alamnya salah satunya Underwater serta banyak objek pariwisata lainnya yang bisa menjadi andalan Maluku Utara. Begitu pula dengan potensi perikanan kami sering melakukan ekspor ikan ke Jepang dan Vietnam melalui jalur laut, kedepannya kami berharap agar kegiatan ekspor juga dapat dilakukan melalui jalur udara", harapnya.

Diakhir acara dilakukan penyerahan Cinderamata oleh Sekda Kepada Danlanud Leo Wattimena dan rombongan.

Turut hadir dalam pertemuan ini, Ketua DPRD Halsel, Asisten 3 Bidang Pembangunan Yusuf Taudin, Kadis Perhubungan, Kepala Bandara Oesman Sadik Labuha, serta Kepala Bagian Protokoler dan KP. (Ich)