Upacara Memperingati HUT RI ke 75, Berlangsung Sederhana


Labuha-Suara sirine detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 75 bergema di Lapangan Upacara Kantor Bupati Halmahera Selatan. Senin, 17 Agustus 2020. Seusai suara dentuman sirine tersebut dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi yang dibacakan oleh Umar H. Soleman, Wakil Ketua I DPRD Halsel. 


Pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke  75 ini, Wakil Bupati Halsel, Iswan Hasjim, ST., MT bertindak sebagai Inspektur Upacara. Kemudian bertindak sebagai Komandan upacara Kapten Inf. Aga Galela, Perwira Staf Teritorial Kodim 1509 Labuha.


Peringatan HUT RI di Halsel kali ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara dilaksanakan dengan jumlah peserta terbatas. Dimana mengingat kondisi Pandemi Covid 19 saat ini.


Untuk Paskibraka yang bertugas hanya 8 orang dengan posisi Pengait dilakukan oleh Ramdan H. Moni, Danpok Fahryan Fahrurrazy, Pembentang M. Iksan Kamarullah dan Pembawa Baki oleh Milda Nandina Salsabila.


Peserta upacara hanya dihadiri oleh ASN yang diwakilkan oleh Satpol PP, TNI dan Polri yang telah ditunjuk, keseluruhan peserta berjumlah 60 orang.

Upacara penaikan sang saka merah putih berjalan tertib dan khidmat dengan diikuti oleh seluruh Unsur Forkopimda Kabupaten Halmahera Selatan diantaranya Sekertaris Daerah Helmi Surya Botutihe, Ketua DPRD Halsel Muhlis Djafar, berserta Wakil Ketua DPRD, Kepala Kejaksaan Negeri Halsel Fajar Haryowimbuko, Kapolres Halsel AKBP. M. Faisal Aris, Dandim 1509 Labuha Letkol. Inf. Untung Prayitno, Ketua Pengadilan Agama Labuha, Ketua Pengadilan Negeri Labuha,  Kepala Kantor Kementerian Agama Halsel, Para Asisten, Staf Ahli, Pihak Kesultanan Bacan serta sejumlah Pimpinan SKPD.(Ich)