BATU BACAN

BATU BACAN

Batu Bacan merupakan salah satu potensi tambang di Halmahera Selatan yang memiliki keistimewaan dibandingkan dengan batu lainnya karena dianggap sebagai “batu hidup” atau bermetamorfosis dengan tingkat kekerasan mendekati batu akik.

Selain itu ada keyakinan di masyarakat bahwa Batu Bacan mengandung bahan yang bisa menyembuhkan penyakit tertentu, bahkan bagi sebagian orang Cina, Batu Bacan katanya dipercaya mendatangkan keberuntungan dan keberkahan.

Bagi para kolektor, Batu Bacan bisa meningkatkan prestise. Batu Bacan sebenarnya sudah mulai ditambang dan dikenal masyarakat Bacan sejak zaman kesultanan, buktinya pada mahkota Sultan Bacan terdapat Batu Bacan sebagai aksesorisnya.

Namun, Batu Bacan yang hanya terdapat secara endemik di Pulau Kasiruta ini mulai terkenal sejak tahun 2000-an, dimana waktu itu katanya para pejabat dan tokoh terkenal memakai cincin Batu Bacan ini, mulai dari mantan Presiden Susilo Bambang Yudoyono hingga Presiden Amerika, Barrack Obama dan Ratu Inggris, Elizabeth. Sejak saat itulah nilai ekonomis Batu Bacan mulai meroket, bahkan harga satu Batu Bacan super bisa mencapai harga ratusan juta rupiah melebihi harga emas.